HACKER IS NOT A CRIME ( HISNAC )

Share this Article on :
Hacker: Ahli Perangkat Lunak


Wah, ternyata selama ini orang selalu menyebut ‘hacker’ sebagai orang yang merusak dan membobol system keamanan computer. Padahal hacker adalah orang yang sangt ahli system perangkat lunak computer serta mampu memperbaiki kerusakannya. Mereka meneliti setiap ada kejanggalan (bugs) yang terjadi pada system perangkat lunak computer serta menciptakan ‘obat’nya.

Dalam kamusa Inggris-Indonesia kata hacker berasal dari hack di artikan orang yang di upah untuk mnegerjakan kerja-kerja kesusasteraan. Kini makna hacker telah bergeser menjadi lebih luas.

Istilah hacker pertama kali ketika dekade mini computer pertama pada sebuah
komunitas, yang terdiri dari para ahli programmer dan ahli jaringan. Mereka yang membangun internet, membuat system operasi jaringan computer sampai membuat World Wide Web berjalan.

Tak hanya pada bidang perangkat lunak computer, orang yang memiliki kemampuan di atas rata-rata pada bidang ilmu dan seni sering pula di sebut hacker.

Cracker: Sang Perusak

Kamus Oxford memaknai crackers sebagai kata sifat yang berarti mad.crazy. Sedangkan crack salah satu bermakna jagoan ulung, meratakan. Para cracker terdiri dari orang-orang yang memiliki kemampuan sama dengan pada hacker namun di gunakan untuk hal negative misalnya membobol keamanan sistem perangkat lunak bank, menciptakan kejanggalan (bug), menciptakan virus dan mnyebarkan melalui jaringan. Apabila misi perusakan system perangkat lunak berhasil dan orang lain menderita, mereka sangat puas.

Sebutan lamer juga di tujukan kepada orang yang baru belajar system perangkat lunak computer lalu mencoba-coba melakukan pembobolan. Ilmunya jauh di bawah cracker.


Artikel Terkait: